• Jelajahi

    Copyright © Beritalk.com I Trend Indonesia Banget
    Best Viral Premium Blogger Templates

    monetag ads 1

    adsense check

    Techonlogy

    Baik Mana Untuk Tubuh, Nasi Dingin atau Nasi Panas ?

    Minggu, 02 Juli 2023, 10:38 WIB Last Updated 2023-07-02T03:38:54Z
    adsby
    adsby

     


    Jakarta, Beritalk.com - Nasi merupakan makanan pokok yang sering dimakan dengan makanan lain. Tapi mana yang lebih sehat antara nasi dingin dan panas? Ternyata, nasi yang didinginkan memiliki pati resisten yang lebih tinggi. Keunggulan dari kandungan ini adalah dapat menyeimbangkan gula darah lebih baik dibandingkan dengan nasi panas.
    Kandungan Gizi Nasi Dingin dan Panas Kandungan gizi nasi dingin dan panas tergantung pada varietasnya, meskipun suhunya berbeda. Menurut Health report, secangkir nasi putih mengandung lebih dari 200 kalori, 4 gram protein, 44 gram karbohidrat, dan kurang dari satu gram serat. Namun beras putih memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih rendah dibandingkan dengan beras merah atau beras yang berasal dari beras merah. Secangkir beras merah mengandung 78 mg magnesium, 174 mg potasium, dan 3 gram serat.
            Manfaat Kesehatan Makan Nasi Dingin dan Panas Menurut laporan kesehatan, kandungan pati resisten dalam nasi dingin, termasuk nasi putih, meningkat. Pati resisten adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Pati resisten, yang telah sampai usus besar dan mengalami sebuah proses fermentasi, kemudian akan membantu tubuh membakar lemak. Anda yang makan nasi dingin dan panas selama 24 jam akan melihat penurunan gula darah yang lebih signifikan. Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dengan mendinginkan nasi beberapa saat sebelum dimakan. Selain itu, menurut kutipan dari Healthline, makan nasi dingin dapat menyeimbangkan kolesterol darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Namun, manfaat ini hanya diamati pada penelitian pada tikus, dan masih belum banyak penelitian pada manusia. Bahkan, banyak penelitian menyebutkan bahwa makan nasi panas membuat diabetes semakin parah karena bisa mempercepat penyerapan gula ke dalam darah. Kondisi ini memperparah diabetes yang dialami atau jika berlanjut memicu munculnya diabetes tipe 2.

            Nasi bersuhu dingin atau nasi bersuhu panas, mana yang lebih sehat dan baik?
    Jadi mana yang lebih sehat antara nasi dingin dan nasi putih? Ternyata, makan nasi yang sudah didinginkan beberapa saat sebelum dimakan memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi yang panas. Manfaat ini juga didapat jika nasi didinginkan selama 24 jam dan dipanaskan kembali sebelum digunakan. Sebaliknya, konsumsi nasi panas sebaiknya dibatasi atau dihindari karena dapat meningkatkan gula darah sehingga memperparah atau memicu penyakit diabetes.  

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini